Advertise

FORSIS-ITS. Powered by Blogger.
 
Friday, July 12, 2013

Khutbah Tarawih 04, Bersama Prof. Drs. Nur Iriawan, MIKom, Ph.D

Assalamu'alaikum wr wb..


Puji syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT baik nikmat sehat, kesempatan maupun nikmat iman. Alhamdulillah kita sudah memasuki hari ke 4.


Nur Iriawan,Drs.,MIKom.,Ph.D.,Prof.
Bismillah, ijinkan penulis menyampaikan rangkuman khutbah sholat taraweh tadi malam oleh salah satu dosen statistika, yaitu bapak Nur Irawan dengan tema Merajut Persaudaraan Ummat.


Persaudaraan ummat pada saat ini tidak bisa konstan naik atau konstan turun, tetapi persaudaraan kita selalu naik turun, kadang naik kadang turun.


Dalam surat Al Hujuraat ayat 13, Allah berfirman yang artinya “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal…” dalam ayat ini menjelaskan bagaimana kita sebagai bangsa yang beraneka ragam harus dan penting dalam menjaga ukhuwah persaudaraan antar suku bangsa.


Ada contoh fenomena unik yang pembicara temui dalam kehidupannya, di suatu siang hari, pembicara menemui seorang anak yang mojok sendirian di masjid. kemudian pembicara menanyainya sedang apa disitu, dan ternyata jawabannya sangat mengejutkan, dia KESEPIAN. pembicara heran kenapa dia merasa kesepian di kota metropolis, di kampus ITS lagi. ternyata faktanya, setelah pembicara mengorek jawaban dari si anak tersebut mengatakan kalau dia sejak kecil selalu dikukung oleh orang tuanya. Itulah kenapa peran orang tua juga sangat penting dalam mengembangkan pola ukhuwah seorang anak.


Ukhuwah itu ibaratnya bumi yang terlihat dari Google Earth, kelihatan kecil sekali. lalu ketika diturunkan lagi terus, maka akan kelihatan wujudnya. Begitulah ukhuwah, walaupun gak kelihatan tapi didalamnya tersusun begitu rapi rajutan-rajutan ukhuwah antar sesama muslim dengan rasa persaudaraan.

[by: Yusman Alharis ]


Semoga bermanfaat, Oya, jangan lupa nanti malam insyaAllah ada Pak Nuh lho yang ngisi ceramah taraweh.. datang ya.. :)


~Tim Media FORSIS-ITS 3435~
~Kabinet Hansei-Kaizen~
~Menjejak Sejarah Melalui Media~

 
FORSIS-ITS © 2014 | Designed By Blogger Templates